Konsultasi Merek Gratis Bagi Entrepreneur Pemula

Jumat, 28 Oktober 2011 ·

Merek adalah nama atau simbol yang diasosiasikan dengan produk/jasa dan menimbulkan arti psikologis/asosiasi (wikipedia). Sehingga sebuah merek merupakan identitas bagi produk/jasa agar dapat dibedakan oleh konsumen dari produk/jasa lainnya. Tanpa adanya identitas maka produk/jasa menjadi tidak berbeda dengan lainnya, mudah dilupakan dan mudah tergantikan. Merek yang kuat akan sangat menguntungkan bagi pemilik merek.


Akan tetapi, pentingnya merek yang kuat seringkali kurang disadari oleh para pengusaha pemula atau pemilik usaha rumahan (home industry). Mereka sering menyepelekan merek dari produk/jasa yang ditawarkan, bagi mereka yang penting produk/jasa tersebut laris dibeli oleh konsumen. Bagi mereka (pengusaha pemula), laris atau tidaknya sebuah produk/jasa tergantung dari kualitas dan harga yang diberikan, hanya sesimpel itu. Pemikiran ini tidak salah, karena kualitas dan harga merupakan dua dari empat elemen bauran pemasaran (marketing mix). Dan sebuah produk/jasa yang berkualitas tinggi pasti akan mendorong konsumen untuk terus mengonsumsi dan bahkan tidak jarang mempromosikan kepada orang lain.

Kurangnya kesadaran pengusaha pemula terhadap merek sering sekali membuat produk/jasa yang ditawarkan tidak mampu bertahan lama di pasar, padahal produk/jasa yang ditawarkan memiliki kualitas yang tidak kalah baiknya dari produk/jasa milik perusahaan besar lainnya, dan  tentu saja secara harga juga masih bersaing. Dan biasanya lama-kelamaan pengusaha pemula ini ada yang memilih gulung tikar dan beralih pada hal lain. Padahal Indonesia membutuhkan pengusaha-pengusaha pemula seperti ini untuk menciptakan lapangan pekerjaan dan membantu pertumbuhan ekonomi Indonesia. Meskipun saat ini cukup banyak pengusaha pemula yang berhasil seperti keripik Maicih, brownies Amanda, Kartika Sari, dll. Namun banyak pula yang gagal dan akhirnya gulung tikar.

Berangkat dari hal inilah kami meluncurkan TGIF (Thx God It's Free) Consulting yaitu layanan konsultasi merek GRATIS bagi pelaku usaha pemula yang memiliki visi besar dan menyadari pentingnya merek bagi produk/jasa mereka. Kami berharap dapat membantu pengusaha pemula untuk memiliki merek yang kuat dan mampu bersaing dengan merek-merek nasional maupun global. Tentunya keberhasilan merek ini tidak tergantung dari konsep merek yang kami tawarkan, namun dipengaruhi juga oleh komitmen pemilik merek dalam mengembangkan usaha melalui merek yang dimiliki.

Hopefully, TGIF Consulting mampu membantu pengusaha pemula Indonesia untuk lebih baik lagi.
Anda bisa menghubungi kami di email: tgif.consult@gmail.com
Atau follow twitter kami @TGIFConsulting

0 komentar:

Follow Me On Twitter

Tentang TGIF Consulting

Kami hadir memberikan layanan gratis untuk konsultasi mengenai Brand Management dan Marketing bagi pengusaha lokal pemula. Silakan bertanya kepada kami melalui email tgif.consult@gmail.com untuk mengetahui lebih lanjut mengenai layanan gratis ini.