Yoghurt Enak Dan Segar Dari Cimory

Kamis, 08 Desember 2011 ·

hennydiva.blogspot.com
Cimory sangat terkenal baik dikalangan pecinta minuman susu, yoghurt, maupun pecinta kuliner Indonesia. Brand yang diciptakan oleh Bambang Sutantio pada tahun 2006 ini dengan cepat meraih kesuksesan melalui produk-produk olahan susu dan aneka makanan yang disediakan di restorannya.

Produk olahan susunya, seperti susu pasteurisasi dan yoghurt, diklaim menggunakan susu segar asli. Dan merupakan hasil peternak susu di area pegunungan Cisarua, Puncak. Jadi produknya memang asli dari hasil bumi Indonesia, tidak heran pada tahun 2009 Cimory mendapatkan penghargaan "Anugerah Produk Asli" yang diberikan oleh Media Bisnis Indonesia. Alasan Cimory menggunakan produk asli peternak susu lokal karena kualitas yang dihasilkan sebenarnya tidak kalah dengan produk impor, selain itu memang Bambang memiliki keinginan untuk mensejahterakan peternak susu lokal melalui produk-produk Cimory.


Yoghurt memang memiliki banyak manfaat, silakan baca manfaat yoghurt disini, dan biasanya memiliki rasa asam yang mungkin kurang disukai oleh sebagian orang, nah disinilah keunggulan produk yoghurt keluaran Bambang Sutantio, rasa yoghurt yang enak dan memiliki aneka pilihan rasa menjadi kekuatan Cimory sehingga sangat disukai oleh konsumennya. Produk yoghurt Cimory juga sudah didistribusikan ke hypermarket, supermarket, bahkan minimarket.

cimory.com
Selain mengandalkan distribusi melalui jalur outlet seperti yang telah disebutkan di atas, pihak Cimory juga menghadirkan outlet sendiri dalam bentuk island booth yang biasanya terdapat di mal. Outlet yang disebut Cimory Yoghurt & Milk Plus ini selain menyediakan produk-produk unggulan seperti susu pasteurisasi dan yoghurt, juga menyediakan aneka olahan susu dan yoghurt seperti Milkshakes (campuran susu segar dan es krim yang diblender), Yoghurt Plus (campuran yoghurt dengan buah segar), dan Yoghurt Mix Shakes (campuran yoghurt, buah segar dan susu segar yang diblender dengan es).

Kehadiran Cimory memang merupakan sebuah fenomena tersendiri, karena brand ini mampu menyihir para konsumen baik tua, muda, anak-anak, perempuan dan laki-laki untuk menikmati produk sehat  dan bergizi  tanpa adanya rasa paksaan, hal ini tentu disebabkan rasa produk Cimory yang enak. Tidak salah bila Cimory kemudian menggunakan tagline "Sehat itu enak". Mari kita melihat hal-hal apa saja yang menjadi kesuksesan Cimory dan bagaimana Bambang membangun ekuitas brand ini untuk terus eksis di masa-masa mendatang.

Positioning
Diawali dengan kesuksesan produk olahan susu seperti yoghurt yang diakui kelezatannya oleh konsumen, dan disajikan dengan berbagai aneka rasa pilihan yoghurt membuat posisi Cimory sangat kuat sebagai "Yoghurt sehat pilihan keluarga dengan aneka rasa yang enak". Meskipun kemudian Cimory memiliki berbagai produk yang diluncurkan kemudian seperti sosis dan restoran, hal ini tidak lain untuk memperkuat positioning mereka dan memberikan experience berbeda bagi konsumennya.

Differentiation
Dari segi diferensiasi, Cimory sangat kreatif memanfaatkan segala aset yang dimiliki untuk menciptakan kekuatan yang mendukung positioning dan brandnya.

Content :
Secara produk, yang ditawarkan oleh Cimory adalah olahan susu seperti susu pasteurisasi dan yoghurt. Dengan cerdik, Cimory menambahkan berbagai aneka rasa untuk menjadi pilihan konsumen dan memberikan rasa yang enak karena yoghurt yang ditawarkan tidak memiliki rasa se-asam produk yoghurt lainnya. Penggunaan bahan-bahan alami juga menjadi salah satu kekuatan produk dan hal ini senantiasa dikomunikasikan oleh Cimory.

Context :
Penggunaan bahan-bahan alami, distribusi yang merata dan cepat melalui outlet hypermarket, supermarket dan mini market, ditambah dengan island booth Cimory Yoghurt & Milk Plus sangat menunjang produk Cimory. Selain itu, isi yang lebih banyak daripada produk yoghurt lainnya dan harga yang terjangkau semakin menambah alasan konsumen untuk memilih produk Cimory.

Tidak hanya itu, di restoran Cimory yang berada di kawan Puncak, dibangun Cimory Mini Farm sebagai sarana pembuktian bahwa produk-produk Cimory dihasilkan dari bahan-bahan alami dan ditangani oleh para ahlinya, selain itu juga menjadi tempat wisata-edukasi bagi konsumen yang berkunjung ke restoran.

 
Infrastructure :
Misi pemilik Cimory, Bambang Sutantio, yang ingin mensejahterakan peternak susu lokal diwujudkannya dengan memprakarsai koperasi bagi peternak susu di kawasan Puncak. Dan Bambang, yang memiliki latar belakang pendidikan Food Technology dari Jerman, banyak membantu peternak susu untuk memperbaiki kualitas hasil susu perahan mereka.

Hasil produksi peternak susu ini kemudian ditampung oleh Cimory dengan harga yang cukup tinggi, diolah dengan peralatan yang canggih untuk memastikan kualitas produk yang prima. Kawasan yang menjadi industri pengolahan susu Cimory juga diubah menjadi restoran dengan pemandangan yang sangat indah, hal ini semakin memberikan pengalaman yang luar biasa bagi konsumen.


Brand
Pemilihan positioning yang tepat dan konsep diferensiasi yang dipikirkan secara matang memang semakin memperkuat brand Cimory di mata konsumen. Selain itu, kemampuan untuk secara konsisten mengkomunikasikan keunggulannya, membungkus keunggulan tersebut dalam pengalaman tak terlupakan dan selalu memberikan produk yang sesuai dengan selera konsumen membuat brand Cimory tertancap kuat dalam benak konsumen. Program yang dibuat oleh Bambang untuk membantu peternak susu lokal juga membuat brand Cimory memiliki value lebih dari sekedar brand yang menjual produk yoghurt, program ini membuat Cimory banyak diliput oleh media sehingga membantu promosi Cimory juga.


Jika Cimory mengatakan "Sehat itu enak", maka kami merubahnya menjadi "Sukses itu jelas lebih enak" tentunya kesuksesan tidak akan bisa diraih tanpa adanya niat, kerja keras, persiapan dan ketulusan seperti yang dicerminkan oleh pemilik Cimory.

0 komentar:

Follow Me On Twitter

Tentang TGIF Consulting

Kami hadir memberikan layanan gratis untuk konsultasi mengenai Brand Management dan Marketing bagi pengusaha lokal pemula. Silakan bertanya kepada kami melalui email tgif.consult@gmail.com untuk mengetahui lebih lanjut mengenai layanan gratis ini.